Gubeng Kertajaya 9 Raya No. 40-A Surabaya | delivery : 08563474674 | IG : @warungimood | FB : Warung Imood

Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Kunyah Makanan Pelan-Pelan

 photo banner_rnm_468x60_zpscf717e28.gif

ayam
foto pribadi milik imood

Para ahli menganjurkan untuk mengunyah makanan sampai halus untuk memudahkan saluran pencernaan Anda mengolah makanan. Namun, kesibukan tiap hari pasti membuat Anda selalu makan terburu-buru dan mengunyahnya tak terlalu halus. Padahal, makan terburu-buru akan membuat Anda tak bisa menikmati makanan dan berisiko tersedak.

Ada beberapa cara untuk membuat makanan terkunyah lebih baik, misalnya dengan memotong makanan jadi lebih kecil, dan tidak memasukkan makanan terlalu banyak ke dalam mulut. Saat masih mengunyah, sebaiknya jangan menyuapkan makanan lagi ke dalam mulut. Tunggulah sampai mulut benar-benar kosong, baru menyuap kembali. Trik ini akan membantu Anda mengenali rasa kenyang.

Lalu, mengapa Anda harus mengunyah makanan dengan perlahan sampai halus?

1.  Kenyang lebih lama
Ketika Anda makan dengan perlahan, otak akan lebih mudah mengirimkan sinyal  yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Ketika mengenali kapan waktunya untuk berhenti makan, Anda akan terbantu untuk mengendalikan nafsu makan. Pengendalian nafsu makan bisa menjadi salah satu cara untuk diet dan mencegah kelebihan berat badan.

Mengunyah makanan perlahan-lahan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mencegah terlalu banyak ngemil makanan yang kurang sehat.

2. Merangsang air liur
Gerakan mulut, gigi, dan lidah yang terjadi saat mengunyah makanan akan membuat mulut mengeluarkan air liur lebih banyak. Air liur berfungsi untuk melembutkan makanan dan mengubah teksturnya. Sementara mengunyah, nutrisi dan vitamin dari partikel makanan akan diserap oleh air liur. Hal ini menyebabkan partikel makanan bisa terpecah lebih mudah.

Air liur juga memiliki kandungan zat yang bisa membunuh kuman-kuman yang mengganggu pencernaan. Maka semakin banyak Anda mengunyah, maka air liur semakin banyak dan kemampuan membunuh bakterinya lebih tinggi.

Jika cara mengunyah makanan tidak tepat, misalnya kurang halus, maka pencernaan membutuhkan waktu lebih lama dan kerja yang lebih berat untuk mengubah makanan jadi energi. Selain itu, kemungkinan Anda akan mengalami perut kembung atau sakit.

3. Membantu pencernaan
Ketika Anda mengunyah makanan, air liur Anda akan memecah partikel makanan dan melembutkan makanannya. Enzim asimilasi dan lipase dalam air liur akan memecah karbohidrat dan lemak dari makanan. Maka semakin lama Anda mengunyah, makanan akan semakin halus dan semakin mudah diserap tubuh untuk menghasilkan energi.

4. Menjaga kebersihan mulut
Saat mengunyah makanan dengan lama dan lembut, air liur (saliva) akan keluar dan menghaluskan makanan. Selain menghaluskan makanan, saliva juga berfungsi untuk melawan bau dan penyakit mulut. Hidrogen karbonat dalam air liur akan menetralkan bakteri pembentuk bau mulut. Selain itu, air liur yang semakin banyak keluar karena adanya makanan dalam mulut akan membunuh bakteri berbahaya dan menyapu partikel makanan di sekitar gigi.

sumber : female.kompas.com
Photobucket



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

isi dengan benar *