Gubeng Kertajaya 9 Raya No. 40-A Surabaya | delivery : 08563474674 | IG : @warungimood | FB : Warung Imood

Apa sih BPA-free itu?

 photo banner_rnm_468x60_zpscf717e28.gif

Belakangan ini, saat hendak membeli botol minuman/kemasan lain, terkadang dijumpai stiker BPA-free yang menempel pada bagian luar kemasan tersebut. Sebenarnya, apa sih arti dari BPA-free itu? Dan apa keunggulannya dibanding dengan produk yang tidak mempunyai label BPA-free?

BPA (Bisphenol-A) merupakan sebuah senyawa kimia yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan plastik. Dalam struktur molekulnya, ikatan antar BPA pada polimer plastik tidak stabil seiring dengan waktu dan juga penggunaan. BPA ini dapat terlepas dari struktur polimer plastik. Dan biasanya, BPA ini dapat lebih mudah terlepas dari struktur polimer plastik jika terangsang panas.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon, baik itu pada manusia maupun pada hewan. Para peneliti menemukan bahwa BPA dapat menyebabkan kanker prostat, kanker payudara, pubertas lebih awal, perubahan sistem imun, mengganggu pengaturan hormon tiroid, dan lainnya.

Jadi, sudah tahu kan bahayanya BPA dalam jangka panjang?

Untuk mengurangi dampak dari absorpsi BPA ini, silakan perhatikan poin-poin dibawah ini:

  • Carilah produk yang diberi label sebagai BPA-free. Jika sebuah produk tidak berlabel, lebih baik hindari produk dengan label angka 7. lebih aman menggunakan produk yang labelnya angka 5.
  • Kurangi kaleng. Kurangi penggunaan makanan kaleng karena kebanyakan kaleng mengandung BPA.
  • Gunakan alternatif. Gunakan kaca, porselen atau wadah stainless steel untuk makanan panas dan cairan bukan wadah plastik.

Photobucket



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

isi dengan benar *